Rendering 3D
3D Rendering adalah sebuah proses kreatif yang mirip seperti fotografi atau sinematografi, memberikan pencahayaan pada gambar dan mengatur adegan kemudian memproduksi sebuah ataupun beberapa gambar.
Tidak seperti fotografi biasa, adegan yang digambarkan biasanya imajiner, dan semua yang muncul dalam 3D rendering perlu untuk diciptakan dalam sebuah komputer sebelum gambar tersebut bisa di render.
3D Rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh.
3D Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada film dan program simulasi.
Rendering tidak hanya digunakan pada game programming. Rendering juga sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator,movie atau juga spesial effect pada tayangan televisi, dan design visualization.
Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan dalam keseimbangan antara features dan teknik dalam rendering. Terkadang rendering juga diintegrasikan dengan model yang lebih besar, paket animasi, terkadang juga berdiri sendiri dan juga terkadang free open-source product.
Berikut beberapa istilah-istilah yang kita akan temui dalam 3D Rendering
Shading : bagaimana warna kecerahan permukaan bervariasi dengan pencahayaan
Tekstur-mapping : suatu metode penerapan detail pada permukaan
Bump-mapping : suatu metode simulasi skala bumpiness kecil pada permukaan
Fogging/participating medium : bagaimana cahaya meredup
Shadows : efek menghalangi cahaya
Soft shadows : efek gelap yang disebabkan oleh tertutupnya setengah sumber cahaya
Reflection : seperti cermin dan bisa sangat mengkilap
Transparency (optics), transparency (graphic) or opacity: transmisi cahaya yang tajam melalui benda padat
Translucency : transmisi cahaya yang tersebar melalui benda padat
Refraction : cahaya yang terkait dengan transparansi
Diffraction : penyebaran dan interferensi cahaya yang lewat suatu obyek yang mengganggu sinar
Indirect illumination : permukaan diterangi cahaya yang dipantulkan dari permukaan lain
Caustics (a form of indirect illumination) : pantulan cahaya dari obyek yang mengkilat
Depth of field : obyek yang kelihatan buram atau tidak fokus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang obyek dalam fokus
Motion blur : obyek yang terlihat kabur karena kecepatan gerak tinggi atau gerakan kamera
Non-photorealistic rendering: render dengan gaya artistik atau dimaksudkan untuk terlihat seperti sebuah lukisan atau gambar
Proses 3D Rendering
Sebelum Rendering
Komentar
Posting Komentar